Monday 14 November 2016

Mucocele oh mucocele

Dimulai dengan bismillaahirrahmaanirrahiim yaa...

Langsung aja nih, jadi kronologisnya seperti ini, awalnya kurang lebih 6 minggu lalu –bisa jadi lebih-, ada benjolan di mulut tepatnya di bawah lidah. Dikira sariawan, tapi nggak perih. Ujung-ujungnya didiemin aja karena dikira sariawan dan beranggapan bahwa itu akan mengecil dan hilang seiring dengan berjalannya waktu.

Satu minggu, dua minggu, hingga akhirnya benjolan itu nggak ilang-ilang, dan masih aja betah nempel di lidah. Kalau lagi nggak ada aktivitas di mulut sih nggak kerasa bahwa itu ada benjolan, tapi tentunya kalau lagi makan, minum, terlebih makan pedes, makan yang *mungkin banyak* mengandung MSG, langsung kerasa mengeras dan perih.

Sempet juga iseng-iseng dengan gigit-gigit kecil itu benjolannya, berharap jadi kempes dan isinya keluar, tapi itu nggak berhasil, dan jangan ditiru ya teman-teman!

Dikarenakan benjolannya semakin mengganggu, dan semakin bikin nggak betah kalau makan, akhirnya benjolan ini saya periksakan terlebih dahulu ke dokter umum, untuk dapet arahan juga. Kata dokternya, benjolan ini namanya mucocele, dan dokternya menyarankan saya untuk pergi ke dokter bedah mulut. Nggak tau kenapa ketika denger kata “bedah mulut” itu langsung shock, oke trauma sama kasirnya, oke :(

Akhirnya, kurang lebih seminggu kemudian, diperiksakanlah ini lidah ke dokter bedah mulut di RSGM yang sama dengan tempat saya operasi my wisdom tooth a couple months ago, dan memang benar bahwa diagnosis nya adalah mucocele, kalau ganggu ya harus diangkat –kata dokternya. “Jadi nanti dikasih anestesi lokal, dibedah, terus dijait sedikit, dan ada pantangan makanan sekitar 3 hari setelahnya, gak boleh makan asem-asem sama pedes.” Oke, dok, oke~ Dokternya shantay banget menjelaskan itu semua, lha guaa boro-boro shantay, tapi itulah cara dokter biar ga nakut-nakutin kaliya :D .

Sebenarnya bedah bisa dilakukan hari itu, tapi harus nunggu tiga pasien odontectomy. Tau kaaan odontectomy teh lama guys, walaupun eksekusinya bentar, tapi da lama nunggunya *berkaca dari pengalaman aja*. Kesimpulannya, bikin kesepakatan kalau bedah mucocele ini dilakukan di hari Senin yang akan datang saja, artinya dilakukan di tiga hari kemudian. Bisa sambil ngumpulin energi, puas-puasin makan pedes dulu *eh~

Tiba lah hari yang ditunggu, hari itu kebetulan ada event Bulan Kesehatan Gigi Nasional juga, jadi RSGM-nya lagi rame sama anak SD, dan mahasiswa/i di sana. Berhubung datengnya dari pagi, jadi nunggunya juga nggak terlalu lama, nggak terlalu deg-degan juga karena sebelumnya udah pernah ngerasain odontectomy, dan dalam perkiraan saya ini nggak akan selama dan separah odontectomy.
Untung dokter dan koasnya asik, jadi semakin dibawa santai aja. Seperti biasa lah ya sebelum pembedahan disuguhi surat untuk ditanda tangani, ditanya-tanya dan lain-lain. Tindakan awalnya, mulut dan sekeliling mulut dilumuri obat merah *pait banget asli!*, kalau kata dokternya “saya dandanin dulu ya teh”. Lucu pan doi. Setelah itu persiapan dianestesi lokal, untuk satu kali suntikan aja Alhamdulillah. Eeh, tapi sebelumnya seperti biasa wajah saya ditutup sama kain yang hanya berlubang di bagian mulut. Done. Ga keliatan apa-apa. Waktu disuntik sih iya kerasa, pasti, tapi setelahnya kan nggak ngerasain apa-apa. Berhubung lidah saya aga mini mini gitu dan letak mucocelenya di bawah, agak ke tengah juga, jadi dokter agak kesusahan untuk membuat lidah saya ajeg :D dikira tegang karena gemeter padahal itu emang udah maksimal banget ngeluarin lidahnya :’D

Saya nggak tau gimana tekniknya dan kapan si mucocelenya diangkat, tiba-tiba dokternya minta jarum sama benang untuk ngejait lidah saya. Awwwh~ tapi nggak kerasa juga karena masih di bawah pengaruh anestesi lokal. Yaiya kalau kerasa ngilu laaa :( Hanya butuh satu jaitan, itu artinya lukanya memang kecil.
Nggak nyampe 15 menit loh bentar banget, nggak kerasa ‘operasi kecil’nya :( koasnya bilang udah selesai. Sambil wajah saya yang sudah “didandani” dibersihkan, nyempetin ngobrol juga sama koasnya.
“Hari ini itu ada acara bulan kesehatan gigi nasional teh, jadi RSGM-nya lagi rame.”
“Oooh,” Ngangguk.
“Ini teh mau liat?” ngeliatin si “mucocele” yang sudah bercerai dengan lidah saya.
“Itu tuh tadi digimanain? Digunting?”
“Bukan teh, jadi disisit pake kayak pisau gitu”
Ngangguk. “Itu tuh daging gitu ya?”

Dilanjutkan dengan penjelasan koas kalau itu tuh terjadi karena adanya gangguan kelenjar ludah, sebenarnya nggak berbahaya dengan diangkat –pun tidak. Namun, kalau sekiranya sudah mengganggu ya alternatifnya harus diangkat. Seperti biasa, jaitan harus dibuka seminggu setelah pembedahan. Jangan makan yang bisa memancing kelenjar ludah kayak: makanan yang pedes, yang asem, ditambah juga jangan yang panas karena untuk membantu mepercepat pemulihan lukanya juga. Setelahnya, seperti biasa juga dikasih resep obat untuk penahan rasa sakit dan antibiotik.

Seminggu setelahnya, akibat tidur cuma sejam, nggak kuat nerusin perjalanan ke RSGM dari kampus. Akhirnya skip untuk buka jahitan. Telat 4 hari, ketika mau buka jahitan, cek kondisi lidah ternyata bengkak, dan ada kemungkinan “jadi” lagi, katanya. Allaahu Akbar~ FYI, terperih adalah ketika buka jaitan karena itu benang jaitan ditarik dulu kaan sebelum digunting, kebayang nggak sih, yaampun, tapi sesudahnya jadi lega~~~ walau bengkak dikits, tapi alhamdulillah hingga tulisan ini terbit, lidah saya sudah kembali seperti sedia kala, hanya asupan makanannya saja yang sekarang harus lebih dijaga.

So, gimana rasanya lidahnya dijait? Ya gitu, ngilu kata orang, saya sebagai yang merasakannya Alhamdulillah dinikmati aja. Jangan mau ngerasain deh kalian sehat-sehat aja ya, selain ngilu, kagakenakdikasirnya :D

Makasii udah baca, semoga bermanfaat dan membuat kita semua lebih aware :)
See you~

No comments:

Post a Comment