Sunday 12 October 2014

Karnival Adhikarya Nusantara “Expo Batik, Bordir, Tenun, & Craft Tanah Air”



Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Tanggal 12 Oktober 2014, adalah hari terakhir dari event punya Bandung yang diadakan di Graha Manggala Siliwangi. Sebenernya event ini dimulai dari tanggal 8, dan berakhir di tanggal 12. Tapi, nadin menyempatkan untuk bisa dateng di tanggal 12-nya, itu pun karena lihat banner waktu lewat ke Jl. Karawitan, plus penasaran juga pengen tau expo batik yang sekarang kayak gimana.

Nama exponya Karnival Adhikarya Nusantara “Expo Batik, Bordir, Tenun, & Craft Tanah Air”. Seperti event sebelumnya (yang sama-sama diadakan di Graha Manggala Siliwangi, dan sama-sama pameran Batik memBatik), untuk masuk ke area pameran kita kudu beli tiket dulu, HTM-nya cuma Rp5.000 kok itu pun dikasih satu botol minuman 500 ml dari sponsor (ya itung-itung beli minumannya kali ya).


Bedanya expo sekarang dengan expo yang “kemarin”, dari mulai entrance udah rame, ada 2 manekin yang pake baju batik, dan dikasih topi ala-ala petani gitu deh. Kalau dulu, pas masuk tuh cuma ada backdrop, dan pamerannya tuh bener-bener semua ada di aulanya. Mungkin expo kali ini tenant-nya lebih banyak. Karena judulnya “Batik”, jadi di semua stand itu rata-rata selalu ada nuansa batiknya, meski ada juga yang cuma jual accessories, stand jasa perjalanan juga ada, dan yang jual cake pun ada.

Stand yang ada di sana antara lain kain tenun, bolu batik, butik gamis, tenun sutra, batik tulis, pashmina, kerudung, shawl, jilbab, mukena, accessories, dan lain sebagainya yang nadin nggak bisa sebutkan mereknya satu persatu karena lupa lagi :D

Selain expo, ada juga lomba tari sama fashion show. Waktu Minggu sih lagi jadwalnya pertunjukkan tari yang pesertanya anak kecil. Mereka pake kostum merak, lucu-lucu. Kalau nggak salah, juri lombanya itu dari STSI, dan ada juga yang dari UPI. Kalau salah, maafkan. Oh ya, kisaran harga di expo ini yang nadin sempat tanya, dan sempet lihat harganya, dan sempat pegang bahannya sih ada di kisaran Rp35.000 sampai Rp`1.500.000. Tapi, di expo sebelumnya, di stand kain tenun dari NTT bisa nemu produk asli Indonesia yang harganya Rp15.000.000,00. Kain tenunnya emang beneran lembut, beda sama yang harga 1 juta atau di bawah 1 juta *ya iya lah*.

Untuk yang belum sempat ke expo-nya karena ketinggalan informasi atau nggak keburu, kita tunggu aja next expo-nya ya, guys! Good night!


*maaf nggak dilampiri dengan foto-foto di expo-nya, lupa, saking antengnya keliling gedung liatin baju-baju :D

No comments:

Post a Comment